2009, Pemerintah Bagikan Tanah

Kamis, 29 Mei 2008 | 11:10 WIB

JAKARTA,KAMIS –  Pemerintah akan membagi-bagi tanah kepada para petani di desa. Ini bagian dari rencana pemerintah menjalankan reformasi agraria. Program ini akan berlaku mulai 2009 depan. Saat ini, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sedang mendata calon menerima tanah dari pemerintah. “Kami menggunakan data dari Badan Pusat Statistik,” kata Direktur Tata Ruang dan Pertanahan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) Deddy Koespramoedyo, kepada KONTAN, kemarin (28/5).

Pemerintah sudah menyiapkan tanah seluas 9,25 juta hektare untuk program reformasi agraria ini. Sekitar 1,25 juta hektare dari luas itu merupakan tanah negara yang dikelola oleh BPN. Sisanya tanah hutan. Pembagian tanah ini akan berlangsung bertahap. Untuk tahap pertama, pemerintah akan membagikan 310.000 hektare di 17 provinsi. Berapa jatah tanah untuk setiap petani? Di luar Pulau Jawa, setiap petani akan menerima sekitar 2 hektare. Di Jawa dan daerah perkotaan, lebih sempit lagi.

Kepala BPN Joyowinoto menyatakan program ini sudah siap menggelinding karena sudah ada komitmen politik pemerintah. Apalagi, Bappenas juga sudah memasukkan rencana ini dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2009. Sadar program ini bakal mengundang tanya, Joyowinoto mengajak masyarakat memiliki pemahaman yang sama tentang reformasi agraria. Joyo menyatakan program ini adalah cara pemerintah agar petani memiliki akses ke sumber ekonomi. “sumber ekonomi terpenting di desa adalah tanah,” tutur Joyo, Selasa (27/5).

Konsorsium Reformasi Agraria (KPA), LSM di bidang reformasi agraria, setuju dengan program ini. “Ini sebuah janji lama. Semoga ini bukan wacana lagi,” kata Iwan Nurdin, Koordinator Advokasi KPA. (Uji Agung Santosa/Umar Idris)

Sumber : KONTAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: