Bahan Baku Jamu dan Bahan Kerajinan

Upaya Domestikasi Alstonia scholaris (l) R.Br. Sebagai Tumbuhan Obat Langka Bahan Baku Jamu dan Bahan Kerajinan di Desa-desa sekitar Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon   

Ir.R.Syamsul Hidayat

Alstonia scholaris (l) R.Br atau pule merupakan tumbuhan yang potensial untuk dikembangkan di desa-desa sekitar Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Tumbuhan ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu dan bahan kerajinan patung kayu. Pembuatan jamu dilakukan oleh perorangan terutama yang berprofesi sebagai pengobat tradisional dan paraji, sedangkan kerajinan patung badak dipasarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke TNUK dan memberikan pendapatan yang signifikan untuk masyarakat. Walaupun penggunaannya cukup banyak, tetapi tidak ada upaya dari masyarakat untuk membudidayakat tumbuhan ini sehingga populasinya di TNUK terancam. Tegakan yang berdiameter di atas 20 cm sangat jarang ditemukan, karena tumbuhan yang kecil biasanya diambil untuk obat, sedangkan yang besar ditebang untuk diambil kayunya, sementara upaya dari masyarakat untuk membudidayakannya tidak tampak dikarenakan ketidakpahaman cara memperbanyaknya. Hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan. Untuk menjaga kelestarian pule sebagai bahan baku jamu, dan bahan baku kerajinan kayu, maka diperlukan upaya-upaya domestikasi tumbuhan ini.

3 Komentar

  1. Muhammad Ridwana AZiz said,

    Februari 25, 2008 pada 1:33 pm

    Tolong Donk kirimin sebuah gambar tumbuhan langka beserta penjelasannya donk

  2. Alberto Einstein Dendi said,

    Mei 6, 2008 pada 5:26 pm

    Bisa Ngga kirimkan biodata mengenai pohon alstonia scholaris ini baik dari fisologisnya, terus tingkat kessesuaian lahan tanamnya, bagaimana cara membudidayakan tanaman ini dan apakah tanaman ini dapat digunakan dalam hutan rakyat kalaupun bisa pepohonan atau tanaman apa saja yang dapat salaing menunjang dengan tanaman alstonia scholaris.
    Thanks ya sebelumnya

  3. Najih Nahali said,

    Juni 1, 2008 pada 4:55 pm

    Pak Asrofi tulisan ini sangat cocokdengan usaha bapak membudidayakan pohon Pule. Salut..

    [pule3] misi blog ini adalah mensosialisasikan kembali pule ke masyarakat. ada missing link di masyarakat tentang pengetahuan perpulean. saya coba menjembataninya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: