Pohon Penunjang Kepintaran

Tidak banyak jenis pohon yang mendapat gelar kehormatan yang berbau akademis. Di antara yang beruntung mendapatkannya adalah pohon pulai.

Karena seringnya digunakan sebagai bahan membuat papan tulis di sekolah-sekolah, disebutlah pohon ini sebagai blackboard tree. Nama latinnya juga tidak jauh-jauh dari dunia pendidikan, yakni Alstonia Scholaris (L) R.Br..

Einstein at Blackboard !

Berbicara mengenai Scholaris yang terbayang adalah scholarship (beasiswa pendidikan). dan arti dari scholaris emang masih ada sangkut pautnya. Scholaris is a third declension masculine noun (scholaris, is) and means scholar. Pencarian definisi lebih lanjut dari google, Scholar is A person who posesses a great deal of knowledge, usually an academic who specializes in a particular subject area. Orang mengindonesiakan scholar dengan kata cendekiawan.

Alstonia sendiri dipakai sebagai nama genus oleh Robert Brown pada tahun 1811, diambil dari nama Charles Alston (1685-1760), seorang profesor ahli botani dari Universitas Edinburgh. Charles Alston (His/Her Majesty’s Botanist) is a member of the Royal household in Scotland, biografi singkatnya dapat dibaca di sini. Alstonia Scholaris (L) R.Br. Sebelumnya diberi nama Echites scholaris oleh Linnaeus pada tahun 1767.

Kata salah satu iklan, “Minum jamu tidak harus pintar” tapi pohon pulai membantu orang dalam proses menjadi pintar.  ga nyambung yach? pesan sponsor sih, orang pintar menanam pohon pulai untuk generasi mendatang.

4 Komentar

  1. O-S said,

    Februari 13, 2008 pada 9:22 pm

    wah…makasih byk ,…..baru tau alstonia berasal dari Charles Alston

  2. progoharbowo said,

    Februari 21, 2008 pada 2:37 pm

    ikut mampir pak….
    thanks info-infonya.

    [pule3] terima kasih atas kunjungannya

  3. Najih Nahali said,

    Juni 1, 2008 pada 4:35 pm

    Bagus Pak, saya makin tahu ttg pule… makasih. Lanjut Pak..

  4. Syahrul said,

    Juni 23, 2008 pada 3:32 pm

    Pulai jd inget gulai bos, kpn2 main ke rumah dijamu gulai yah bos hehehe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: